Bahaya Polusi Udara Pada Anak dan Cara Mengatasinya

Anak-anak umumnya sistem kekebalan tubuh yang belum sempurna. Karena alasan itulah, mereka akan lebih rentan terkena beragam jenis penyakit. Salah satunya karena paparan polusi udara.

Polusi udara adalah kondisi saat lingkungan telah terkontaminasi oleh campuran partikel padat dan gas yang berbahaya. Zat tersebut berasal dari bahan kimia atau limbah pabrik, asam kendaraan dan asap rokok atau debu.

In Fact : Bahaya polusi udara sama dengan merokok sebungkus setiap hari lho!

Banyak sekali bahaya yang akan timbul jika terkena polusi udara. Dan lagi polusi udara terhadap manusia nyatanya sangat kompleks. Masalahnya dari sumber polusi udara yang terhidup, dampak dan gangguannya akan berbeda.

Polusi udara bisa menyebabkan sistem pernafasan (paru-paru) terganggu dan sistem peredaran darah tubuh seperti diare, malaria, radang paru atau pneumonia.

Dampak Polusi Terhadap Kesehatan Anak

Masalah polusi udara jangan dianggap sepele, hal ini bisa berdampak pada kesehatan buah hati anda. Beberapa efek negatif yang bisa ditimbulkan akibat polusi udara pada anak yaitu :

Penyakit Saluran Pernafasan

Polusi udara bisa menimbulkan masalah saluran pernafasan anak. Karena paru-paru dan saluran pernafasan anak masih dalam tahap perkembangan, sehingga paparan udara yang tidak bersih bisa beresiko merusak perkembangan organ saluran pernafasan.

Gangguan Janin

Selain bahaya akibat paparan langsung, polusi udara pun bisa dirasakan anak sejak masih dalam kandungan. Sebuah penelitian menjelaskan bahwa wanita hamil bisa terpapar polusi udara, janinya dapat mengalami gangguan kognitif setelah lahir.

Gangguan Mental

Penelitian terbaru menyebutkan, paparan polusi udara dalam durasi yang cukup lama berkaitan dengan munculnya gangguan mental seperti depresi, gangguan bipolar, dan gangguan kepribadian anak.

 

Cara Melindungi Anak dari Polusi Udara

Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan agar si kecil tidak terpapar polusi udara, yaitu :

  • Hindari membakar sampah di area rumah
  • Jauhkan si kecil dari asap rokok
  • Gunakan alat pembersih udara dengan penyaring yang memiliki teknologi HEPA
  • Pastikan ventilasi rumah dan dapur baik, agar masakan tidak menjadi polusi udara di dalam rumah
  • Kenakan masker pada si kecil saat ia beraktivitas di luar ruangan yang membuatnya terpapar polusi udara

 

7 thoughts on “Bahaya Polusi Udara Pada Anak dan Cara Mengatasinya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.